Jenjang Pendidikan

Sekolah Kristen Kalam Kudus menyediakan jenjang-jenjang pendidikan sebagai sarana pendidikan formal bagi seluruh murid yang ada.

Jenis Kelas

Guna memberikan wadah pendidikan secara maksimal kepada seluruh murid SKKK sesuai kebutuhan dan perkembangan zaman, SKKK menyediakan empat jenis kelas sebagai tempat untuk mengoptimalkan potensi setiap murid yang ada.

Setiap murid dan orang tua dapat memilih jenis kelas yang tersedia sehingga setiap murid memiliki kesempatan pendidikan yang sama untuk merasakan pengalaman belajar sesuai potensinya dan menemukan panggilan hidupnya.

Empat Jenis Kelas yang disediakan SKKK:

 

  1. Kelas Kristen Reguler (Regular Christian Class)
  2. Kelas Kristen Dua Bahasa (Bilingual Christian Class)
  3. Kelas Kristen Global (Global Christian Class)
  4. Kelas Kristen Global Plus (Global Plus Christian Class)

KURIKULUM

iB-Learning dengan CFRC

Sejalan dengan tujuan pendidikan nasional, Sekolah Kristen Kalam Kudus meneguhkan visi dan misinya untuk mendidik dan menanamkan pengetahuan dan keterampilan terkini yang terintegrasi dengan iman Kristen dan nilai-nilai Kristiani untuk mewujudkan masyarakat yang mampu menjawab dan memenuhi panggilan mereka.

Sekolah Kristen Kalam Kudus menggunakan iB-Learning (integrated blended learning) dalam kurikulum pendidikan.

iB-Learning menonjolkan hal-hal berikut:

  1. Pandangan dunia Kristen, Penciptaan, Kejatuhan, Penebusan & Konsumasi (CFRC (Creation, Fall, Redemption, Consummation))
  2. Mental & karakter Kristen global
  3. Pengetahuan & pola pikir Kristen global
  4. Keterampilan yang bermanfaat global
  5. Hidup sehat dan seimbang.

Dengan menempatkan konsep Penciptaan, Kejatuhan, Penebusan & Konsumasi (CFRC: Creation, Fall, Redemption, Consummation) sebagai pusat atau inti dari kurikulum, iB-Learning, menggunakan model pembelajaran dan pendekatan terintegrasi dan blended beserta komponen-komponennya, menyatukan secara langsung konsep CFRC dengan pengetahuan dan keterampilan yang dipelajari guna membangun mental & karakter Kristen global dalam kehidupan yang sehat dan seimbang.

CFRC

Creation, Fall, Redemption, Consummation

CFRC adalah inti dari pandangan dunia Kristen sebagai dasar filosofi pendidikan Kristen. Pandangan dunia Kristen adalah cara memandang sesuatu, kerangka pikiran, arah pemikiran atau paradigma yang didasarkan pada iman Kristen. Christian Worldview melengkapi orang percaya untuk menyadari kedaulatan Tuhan dalam hidup manusia. Christian Worldview adalah media integrasi antara iman dan semua aspek kehidupan manusia.

A. PENCIPTAAN

Allah adalah Pencipta langit dan bumi dan segala isinya (Kej 1:1). Pengakuan akan Allah sebagai Pencipta menjadi pokok penting di dalam melandasi seluruh pemikiran dan keberadaan manusia di dalam melihat seluruh tatanan dunia ciptaan Allah. Allah menciptakan dari yang tidak ada (creatio ex nihilo) menjadi ada. Allah menciptakan segala sesuatu dan semua yang diciptakan sungguh amat baik. Allah memberikan mandat kepada manusia untuk mengelola segenap ciptaan (Kej 1:28).

B. KEJATUHAN

Kejatuhan manusia pertama ke dosa dengan melanggar perintah Allah memiliki akibat signifikan bagi seluruh makhluk hidup, bukan hanya kepada manusia saja. Alkitab dengan jelas mengatakan pelanggaran terhadap perintah Allah menjadikan manusia “buta” atau “tuli” hati mereka gelap dan pikiran mereka buta sehingga tidak bisa melihat kemuliaan Allah (2 Kor 4:4; Ef 4:18). Jadi dapat disimpulkan bahwa dampak dosa menyentuh seluruh ciptaan sehingga tidak ada sesuatu yang diciptakan yang tidak tersentuh oleh dampak yang merusak akibat kejatuhan manusia dalam dosa, termasuk juga rasionalitas manusia.

C. PENEBUSAN

Penebusan Kristus di atas kayu salib memiliki dampak kosmis, yaitu memulihkan seluruh tatanan ciptaan. Allah bukan hanya menebus jiwa manusia, Ia menebus seluruh keutuhan hidup manusia. Pertobatan memberikan arah baru kepada fikiran, emosi, kehendak dan perilaku. Penebusan Kristus memberikan status manusia baru (2 Kor 5:17) dan memberikan kepada manusia hati baru (a new heart) dan semangat yang baru (a new spirit) (Yehezkiel 36:26).

D. KONSUMASI

Konsumasi (consummation) adalah kesadaran interdependensi manusia dengan dunia ciptaan Allah. Kesadaran interdependensi ini berkaitan dengan status baru dimana penebusan Kristus telah memperbaharui hati dan pikiran manusia sehingga mampu melihat dengan benar dunia realitas ciptaan Allah sesuai dengan maksud dan tujuan penciptaan Allah. Konsumasi ini merupakan panggilan bagi setiap umat Allah untuk hidup memuliakan Allah dengan menjadi berkat bagi sesama.

0 Komentar

Bergabunglah dan rasakan pengalaman belajar bersama Sekolah Kristen Kalam Kudus!

iB-Learning bertujuan untuk menghapus pemisahan layanan pendidikan, termasuk kurikulum, program, dan aktivitas. Dengan kata lain, para murid memiliki ruang dan kebebasan menggunakan sumber daya, ide, dan latar belakangnya dalam mengekspresikan diri ketika belajar sehingga mampu menjawab tantangan dan memenuhi panggilan mereka.

Singkat kata, Sekolah Kristen Kalam Kudus hadir untuk berkontribusi secara aktif dengan visi dan misinya menggunakan iB-Learning guna mengaktualisasikan pendidikan nasional dan menjadi bagian dalam mewujudkan dunia sebagai tempat yang lebih baik melalui pendidikan.