sssTiga jenjang pendidikan di unit Sekolah Kristen Kalam Kudus Jayapura terpilih menjadi Sekolah Penggerak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Indonesia berdasarkan SK Nomor 6555/C/HK.00/2021 tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Sekolah Penggerak tertanggal 30 April 2021. Tiga jenjang tersebut adalah: jenjang TK, SD, dan SMA. Terpilihnya tiga jenjang pendidikan di Sekolah Kristen Kalam Kudus Jayapura sebagai Sekolah Penggerak tersebut tidak terlepas dari usaha dan kerja keras dari masing-masing kepala sekolah yang telah mengikuti proses seleksi sebagai Kepala Sekolah Penggerak yang dilakukan secara ketat mulai dari seleksi berkas, tes bakat skolastik, simulasi mengajar, hingga wawancara yang telah dilaksanakan  mulai awal Maret 2021 yang lalu. Para kepala sekolah tersebut adalah Ibu Dyah Muljati, S.Pd.Gr., M.Th. PAK. selaku kepala TK Kristen Kalam Kudus Jayapura, Bpk. Drs. Sutriyanto Budiman selaku kepala sekolah SD Kristen Kalam Kudus Jayapura dan Bpk. Drs. Jerry Langi, MBA., M.Pd. selaku kepala sekolah SMA Kristen Kalam Kudus Jayapura.

Terpilihnya jenjang-jenjang tersebut sebagai sekolah penggerak merupakan sebuah prestasi serta kepercayaan yang diterima oleh Sekolah Kristen Kalam Kudus Jayapura dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Indonesia dan sekaligus sebuah tantangan untuk bisa berpartisipasi dalam program Kemendikbudristek dalam upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Ketiga Kepala Sekolah tersebut telah mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak Provinsi Papua dan Papua Barat pada tanggal 20 – 21 Mei 2021 bertempat di Hotel Mercure, Surabaya.

 

SD Kristen Kalam Kudus Sorong Terpilih Juga Sebagai Sekolah Penggerak di Papua Barat

Sangat bangga dan bersyukur sebab saat mengikuti kegiatan tersebut mereka bertemu dengan Ibu Maria Pujiati, S.Th yang merupakan Kepala Sekolah SD Kristen Kalam Kudus Sorong, Papua Barat yang juga terpilih menjadi Kepala Sekolah Penggerak. Prestasi yang diraih baik Sekolah Kristen Kalam Kudus Jayapura maupun Sekolah Kristen Kalam Kudus Sorong ini menambah rasa cinta dan kebanggaan menjadi bagian dari Sekolah Kalam Kudus yang ada di Indonesia.

Sebagai Sekolah Penggerak tanggung jawab dari kepala sekolah dan guru adalah mewujudkan proses pendidikan yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Sehingga langkah selanjutnya guru-guru akan dibekali dengan pelatihan-pelatihan serta dituntut untuk dapat mengimplementasikan serta diharapkan bisa menggerakkan sekolah-sekolah lain di Indonesia untuk bersama-sama menjadi sekolah penggerak.

 

Selamat kepada SKKK Jayapura & SKKK Sorong. Kiranya Tuhan memampukan Sekolah Kristen Kalam Kudus Jayapura maupun Sorong untuk tanggung jawab yang diemban mulai Tahun Pelajaran 2021/2022 yang akan datang.